Macam Macam Kanker

Advertisement

Macam-macam-kankerMacam-macam kanker – Kanker merupakan penyakit yang menyerang jaringan biologis didekatnya. Penyakit ini disebabkan dari kelainan siklus sel yang tumbuh tak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal). Karena bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis. Makanya kenapa penyakit ini disebut penyakit ganas atau neoplasma ganas.

Ada berbagai macam penyakit kanker yang menyerang pada bagian tubuh manusia. Kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang termasuk di indonesia. Pada umumnya, kanker dirujuk berdasarkan jenis organ atau sel tempat terjadinya. Sebagai contoh, kanker yang bermula pada usus besar dirujuk sebagai kanker usus besar, sedangkan kanker yang terjadi pada sel basal dari kulit dirujuk sebagai karsinoma sel basal. Klasifikasi kanker kemudian dilakukan pada kategori yang lebih umum.

Macam-macam kanker :

– Kanker payudara
Kemungkinan besar pada umumnya penyakit kanker payudarah sering menyerang kaum wanita. Akan tetapi kaum pria juga dapat terkeba kanbker payudara ini, tapi kemungkinannya lebih kecil dari 1:1000. Biasanya gejala penyakit ini berupa benjolan yang tidak nyeri pada payudara. Pada mulanya benjolan itu berawal dari kecil dan lama kelamaan benjolan itu menjadi besar, lalu melekat pada kulit atau menimbulkan perubahan pada kulit payudara atau pada puting susu.

– Kanker kulit
Umumnya penyakit kanker kulit merupakan penyakit yang sering menyerang bagian tubuh yaitu kulit. Penyebab kanker adalah sama, yaitu karena banyaknya zat-zat oksidan pada tubuh. Tetapi kanker kulit bisa juga disebabkan oleh adanya pancaran sinar radio aktif, sinar ultra violet, secara langsung tanpa penghalang (pengaman). Penderita kanker kulit tetap harus berhati-hati karena dapat saja terjadi penyebaran ke bagian organ yang lain.

Kanker mulut rahim (serviks)
Penyakit yang sering menyerang pada wanita ini merupakan penyakit yang ganas, karena selain menyerang bagian intim wanita penyakit ini belum ditemukan obatnya. Kemungkinan penderita yang mengalami penyakit ini dapat berakibat kematian. kanker serviks adalah sejenis kanker yang disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik. Gejala kanker ini tidak terlihat sampai kanker memasuki stadium yang lebih jauh, yang membuat kanker leher rahim fokus pengamatan menggunakan Pap smear.

– Kanker testis
Penyakit yang menyerang pada kaum adam ini merupakan penyakit pertumbuhan sel-sel ganas di dalam testis (buah zakar), yang bisa menyebabkan testis membesar atau menyebabkan adanya benjolan di dalam skrotum (kantung zakar). Penyebab dari penyakit ini belum jelas diketahui, akan tetapi dapat saja pemaparan bahan kimia tertentu dan infeksi oleh HIV. Jika di dalam keluarga ada riwayat kanker testis, maka resikonya akan meningkat.

– Kanker prostat
Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi lelaki. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali. Sel ini dapat menyebar secara metastasis dari prostat ke bagian tubuh lainnya, terutama tulang dan lymph node. Kanker prostat dapat menimbulkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil, disfungsi erektil dan gejala lainnya.

– Kanker pankreas
Kanker yang satu ini merupakan penyakit yang menyerang bagian pankreas dan merupakan salah satu kanker yang sangat serius. Pankreas akan mengeluarkan enzim yang membantu pencernaan dan hormon-hormon yang membantu mengatur metabolisme karbohidrat. Gejala yang sering terjadi pada penyakit ini yaitu sakit pada bagian perut bagian atas yang dapat menyebar ke punggung bagian tengah atau atas.

– Kanker kolon dan rektum
Kanker kolon dan rektum adalah kanker yang menyerang usus besar dan rektum. Penyakit ini adalah kanker peringkat 2 yang mematikan. Kanker kolon sebagaimana sifat kanker lainnya, memiliki sifat dapat tumbuh dengan relatif cepat, dapat menyusup atau mengakar (infiltrasi) ke jaringan disekitarnya serta merusaknya, dapat menyebar jauh melalui kelenjar getah bening maupun pembuluh darah ke organ yang jauh dari tempat asalnya tumbuh, seperti ke lever, paru-paru, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian bila tidak ditangani dengan baik.

– Kanker otak
Kanker otak biasanya juga disebut tumor otak, karena pada biasanya hal ini kronis. Tumor otak merupakan salah satu penyakit yang menyerang otak. Dikarenakan otak merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting maka organ lainnya dapat terganggu, sehingga kematian dapat terjadi. Tumor otak dapat menyerang siapa saja, bahkan anak-anak dan remaja, namun pada umumnya tumor menyerang orang usia produktif atau dewasa.

– Kanker paru-paru
Kanker paru-paru merupakan pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali di dalam paru-paru. Asal-usul sel penyebab kanker paru masih belum dapat dijelaskan. Akan tetapi merokok merupakan penyebab utama dari sekitar 90% kasus kanker paru-paru pada pria dan sekitar 70% pada wanita. Semakin banyak rokok yang dihisap, semakin besar risiko untuk menderita kanker paru-paru.

Advertisement
Macam Macam Kanker | admin | 4.5