Manfaat jamur kuping

Advertisement

Manfaat jamur kupingManfaat jamur kuping – Dalam sebuah jurnal kedokteran di Cina, The Chinese Medical Journal telah di laporkan tentang manfaat dan khasiat jamur kuping baik secara langsung sebagai campuran untuk bahan-bahan makanan maupun dalam bentuk ekstrak. Sejak beratus-ratus tahun yang lalu jamur kuping telah dimanfaatkan sebagai bahan makanan campuran resep masakan, bahan pengental dan sebagai bahan obat-obatan.

– Penawar racun

Diantara manfaat jamur kuping yeng penting adalah mengeluarkan racun dari dalam tubuh sebagaimana di ketahui racun memiliki efek yang tidak baik terhadap fungsi sistem metabolisme tubuh baik racun yang diakibatkan oleh senyawa biologi seperti racun pada tembakau maupun bahan kimia sintetik. Begitu juga racun yang diakibatkan oleh logam berat dapat mengakibatkan gangguan pada sintesis hem dan aktivitas enzim. Gangguan ini dapat mengakibatkan penurunan pembentukan hemoglobin sehingga kadar sel-sel darah merah pun ikut menurun dan dapat menyebabkan anemia.

Dalam catatan pengobatan tradisional Cina orang-orang tang terbebas dari keracunan makanan biasanya menggunakan cairan yang kental seperti agar oyang berasal dari jamur kuping ini untuk menetralisir racun pada makanan. Oleh karena itu makanan akan aman bila dimasak dan dimakan bersama-sama dengan jamur kuping.

– Mencegah penyakit kanker

Suplementasi vitamin B3 atau niasin ternyata dapat mencegah kanker. Vitamin ini bipasanya diberikan kepada penderita yang sedang menjaalani kemoterapi khususnya untuk mengurangi efek toksis atau peracunan dari kemoterapi itu sendiri. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Popov bahkan menuturkan bahwa pemberian kombinasi niacin dan aspirin pada penderita kanker kandung kemih yang ternyata bisa menurunkan angka kekambuhan dan bisa memperpanjang usia harapan hidup pada penderita kanker.

Kandungan niasin yang terdapat dalam jamur kuping juga bisa berpengaruh baik terhadap pengurangan peracunan yang ditimbulkan oleh bahan antikanker antara lain akibat oleh pemakaian obat-obatan sintetik. Sebagaimana diketahui bahan kimia sintetik dapat manjadi faktor pencetuh karsinogenik yang mengakibatkan keganasan sel-sel kanker.

– Memperbaiki sirkulasi darah

Dalam kaitannya dengan perbaikan sistem peredaran darah (blood circulatin system), ada beberapa catatan yang menerangkan tentang kegunaan dan khasiat jamur kuping. Dalam catatan negeri Tiongkok jamur kuping atau he muk o ini sejak zaman dahulu telah dimanfaatkan sebagai obat oleh para wanita yang telah melahirkan. Setelah mengkonsumsi jamur kuping tersebut ada efek mujarabnya yaitu untuk membantu mengeluarkan darah kotor dan menjadikan sirkulasi darah normal kembali. Manfaat lainnya dari jamur kuping ini yaitu membantu sirkulasi menstruasi bagi kaum wanita yang sedang mengalami datang bulan.

Jamur kuping juga sangat baik bagi orang-orang yang sedang menderita penyakit jantung, hipertensi ataupun kusus-kusus gangguan sirkulasi darah akibat kandungan kolesterol yang tinggi dalam darah. Keberadaan kolesterol Yang melebihi batas kecukupan dapat menambah resiko seseorang terserang penyakit kardiovaskuler. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian seorang ahli biologi Amerika, Prof R.H. Harmsmith di dalam Scientific American yang mengadakan survei dan penelitian dasar tentang kondisi kesehatan penduduk Hongkong.

Dalam penelitian tersebut dilakukan untuk mendapatkan suatu jawaban tentang mengapa penduduk Hongkong yang gemar memakan lemak hewani atau kolesterol namun justru sedikit sekali yang terkena serangan penyakit jantung. Dari hasil survei itu diketahui bahwa pada hampir semua resep makanan Cina selalu ditambahkan jamur kuping di dalamnya.

Jamur kuping juga sangat berguna dalam mencegah terjadinya atherosklerosis. Adapun atherosklerosis merupakan penebalan dinding bagian dalam pembuluh darah sehingga menyebabkan penyumbatan dan pembentukan bekuan darah (trombosis) sebagai salah satu penyebab serangan jantung.

Disamping itu jamur kuping ini juga cukup membantu menurunkan kadar gula darah. Ini akan berpengaruh baik dalam upaya menanggulangi kadar glukosa darah yang dialami para penderita diabetes mellitus.

– Manfaat lain dalam pengobatan

Jamur kuping atau lember mengandung bahan-bahan penting yang dapat membantu kelancaran proses pencernaan terutama dalam mengatasi sembelit atau konstipasi serta mencegah timbulnya wasir. Adapun manfaat lainnya yaitu untuk mengatasi sesak napas dan sakit tenggorokan. Kebiasaan mengkonsumsi jamur kupuing membantu dalam memperindah penampilan wajah. Selain itu bisa digunakan untuk mengatasi masalah alergi mengobati penyakit kulit dan bisul.

Advertisement
Manfaat jamur kuping | admin | 4.5