Perawatan Rambut

Advertisement

rambutPerawatan rambut – Kalau rambut kita ingin tumbuh dengan subur maka cara merawatnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Caranya, lidah buaya kita kupas kulit luarnya. Lendir dalamnya kita ambil dan kita oleskan pada kulit dasar kepala tempat tumbuhnya rambut. Mengoleskannya sampil ditekan-tekan agar lendir tersebut dapat meresap pada pori-pori kulit kepala. Setelah itu kepala kita bungkus dengan handuk terus gunakan untuk tidur. Bangun tidur rambut kepala terus kita kramasi yang bersih lakukanlah hal ini secara teratur 2-3 hari sekali.

Mencegah kerontokan

Apabila rambut anda sering rontok cara perawatannya antara lain :
a. Carilah jeruk nipis dibelah menjadi dua bagian kemudian belahan jeruk nipis tersebut gosokkan pada kulit kepala tempat tumbuhnya rambut secara teratur hingga menuai hasilnya.

b. Atau cara yang kedua kita menebang batang pisang, umbi batang pisang kita lobangi maka keesokan harinya akan keluar air pada lobang umbi batang pisang tersebut. Air inilah yang kita oleskan pada kulit kepala tempat tumbuhnya rambut.
Cara yang pertama dan yang kedua kerjakan saat menjelang tidur.

Hitam mengkilau

Hidup pada zaman modern ini tentang perawatan rambut sangat dipentingkan. Dan merawat rambut dengan bahan-bahan kosmetik di salon-salon dan biayanya cukup mahal. Kebanyakan kita kaum remaja putra/puti, kaum bapak, atau kaum ibu sangat gelisah apabila rambutnya menjadi kemerah-merahan atau cepat beruban. Maka hal ini dapat diatasi sebagai berikut.

– Kalau di dapur ada sisa air teh (air teh yang tidak manis dan bukan teh celup) dapat kita pergunakan untuk keramas dan tiidak usah pakai sampo.
– Kalau keramas pakailah londo merang (bahasa jawa) sebagai pengganti sampo.
– Setelah rambut dikeringkan dengan handuk, kalau akan memakai minyak rambut pakailah minyak cenceman. Minyak cenceman ialah minyak kelapa murni yang di buat sendiri ditim (direbus) dengan bahan-bahan penyubur rambut ialah dengan pandan yang sudah diiris kecil-kecil dan dikeringkan. Belahan jeruk purut, daun mengkokan, buah klabet dan kayu manis atau kulit manis.

Keterangan
– Londo merang (bahasa jawa) ialah tangkai padi dibakar terus abunya dicamur dengan air kemudian airnya disaring dengan kain maka saringan air ini disebut londo merang. Maka air londo merang ini untuk keramas sebagai pengganti sampo. Dan ini memang dikerjakan oleh nenek moyang kita zaman dahulu sebelum ada sampo. Hasiat londo merang untuk membasmi ketombe dan menguatkan tumbuhnya rambut agar tidak lekas rontok.
– Minyak cenceman ialah pertama kali kita membuat minyak kelapa murni. Caranya ialah santan kelapa kita rebus terus lama-kelamaan akan menimbulkan minyak kelapa yang jernih dan baunya sedap dan terpisah dari ampasnya.
– Daun pandan yang daunnya panjang-panjang kurang lebih 1/2 s.d 1 meter, lebarnya kurang lebih 5 s.d 6 cm dan baunya sedang atau harum.
– Jeruk purut ialah jeruk yang biasanya untuk bumbu masak. Hasiatnya untuk menetralkan kelebihan minyak pada rambut. Sedangkan rambut yang selalu kering dapat delemaskan dan dikramasi dengan santan kelapa terus dicuci dengan air biasa.
– Daun makokan yang wujudnya bulat cekung seperti pinggan atau mangkok berkhasiat untuk menyuburkan rambut.
– Kalbet, berbiji bulat kecil-kecil dan lebih kecil dari pada isi jambu klutuk, berfungsi sebagai penyedap atau pengharum minyak rambut sebagai gantinya bibit minyak wangi.
– Kulit manis merupakan kulit kayu berbau sedap juga untuk menambah sedapnya minyak rambut cenceman.

Menghilangkan ketombe

a. Kalau keramas cukup rambut kita cuci dengan memakai londo merang yang berkhasiat mencegah tumbuhnya uban, mencegah kerontokan dan menghilangkan ketombe.
b. Kalau memakai minyak rambut pakailah minyak rambut cenceman seperti yang kami terangkan diatas. Karena minyak rambut cenceman bahan dasarnya adalah minyak kelapa murni yang terdapat zat belerang di dalamnya, yang berfungsi sebagai pembasmi ketombe, kurap, dan gatal-gatal pada kepala.

Perawatan Rambut | admin | 4.5